Jika anda bosan dengan PC anda yang lama dan anda ingin menggantinya dengan yang baru, pasti anda harus menjual PC anda yang lama untuk menghemat keuangan anda. Karena semua software yang telah terupdate pada saat ini kebanyakan membutuhkan spesifikasi PC yang lebih tinggi.
Tetapi sebelum anda menjualnya apakah anda tahu bagaimana spesifikasi yang telah anda punyai saat ini? Karena sudah pasti jika anda akan menjual PC anda, pasti kebanyakan orang akan bertanya tentang spesifikasi PC yang telah anda punyai saat ini.

Nah jangan khawatir jika anda tidak tahu cara mengecek spesifikasi anda sendiri. Karena disini saya akan menjelaskan beberapa cara untuk mengecek spesifikasi PC yang dapat dilakukan dengan mudah. Mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

Cara Cek Spesifikasi PC
Disini saya akan menjelaskan beberapa cara untuk mengeceknya, salah satu caranya adalah dengan mendownload aplikasi tambahan dan sedangkan cara lainnya dapat anda lakukan tanpa mendownload apapun. Inilah 3 Cara yang akan saya jelaskan berikut.


  • Dengan Menggunakan CPU-Z
1. Pertama, download terlebih dahulu software CPU-Z yang dapat anda download di Google.
2. Setelah anda download, instal software tersebut sampai selesai.
3. Kemudian buka aplikasi tersebut, dan akan muncullah spesifikasi PC anda sendiri seperti pada gambar dibawah ini.


Dengan menggunakan CPU-Z, anda dapat mengecek spesifikasinya dengan lengkap. Mulai dari CPU, Caches, Mainboard, Memory, SPD, Graphics, hingga Benchmarks. Karena Benchmarks sendiri biasanya akan dapat di cek ketika anda sedang membuka game.

  • Dengan Menggunakan DirectX Diagnostic Tools
Cara kedua adalah dengan menggunakan DirectX Diagnostic Tools. Tidak banyak yang tahu adanya cara cek spesifikasi PC dengan cara ini. Padahal anda tidak perlu mendownload software apapun untuk mengecek spesifikasi PC anda menggunakan cara ini. Mari kita simak caranya dibawah ini.

1. Arahkan pointer mouse anda ke bagian logo windows.
2. Pada bagian kolom Search, ketik dxdiag.
3. Akan muncul satu service dxdiag ini disana, klik tulisan dxdiag tersebut.
4. Lalu muncullah tampilan dari DirectX Diagnostic Tools tersebut atau dapat anda singkat dengan DXDIAG, karena untuk membukanya harus menulis kata dxdiag.


Anda akan dapat mengecek spesifikasi PC anda setelah anda melakukan cara tersebut. Tetapi yang dapat anda cek hanya bagian System, Display, Sound, dan Input nya saja. Tidak sebanyak yang dapat ditampilkan oleh CPU-Z pada cara pertama tadi.

  • Cek Spesifikasi PC Lewat Control Panel
Cara terakhir untuk mengecek spesfikasi PC adalah dengan melalui Control Panel. Caranya pun sangatlah mudah. Anda tinggal buka saja Control Panel, lalu arahkan pada menu System and Security => System. Lalu akan muncul spesifikasi pada System dan Windows anda seperti pada gambar dibawah ini.


Cukup mudah bukan? Tetapi jika anda menggunakan laptop, anda tidak perlu untuk mengecek spesifikasi PC anda tersebut. Karena spesifikasi tersebut biasanya akan ditampilkan di stiker laptop anda sendiri, yang biasanya ada dibagian pinggir TouchPad pada laptop anda sendiri.

Dan Jika anda ingin menjual PC atau Laptop anda sendiri, harganya biasanya sangat Variatif. Ada yang sangat tinggi, dan ada pula yang sangat rendah. Semua itu tergantung pada spesifikasi dan kondisi pada PC anda sendiri. Jika anda mempunyai spesifikasi PC yang sangatlah tinggi, pasti akan dihargai tinggi pula untuk PC anda itu.
Demikian, beberapa cara untuk Cek Spesifikasi PC yang dapat saya berikan. Semoga bermanfaat bagi anda semua yang membaca artikel ini. Ikuti terus blog ini untuk mendapatkan informasi yang menarik dan bermanfaat.

1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama