Rata-rata file yang digunakan oleh kantor dan sekolah saat ini adalah file dengan format PDF. Kenapa mereka lebih menginginkan menggunakan file format PDF? Karena dengan file PDF isi file tersebut tidak dapat diutak atik oleh pembaca, sehingga file tersebut hanya dapat dibaca. Dan dengan begitu, akan aman memasukkan dokumen seperti sertifikat elektronik karena file tersebut hanya dapat dibaca pengguna. Kemudian bagaimana jika terjadi kesalahan penulisan? Apakah masih bisa diganti? Tenang saja karena disini saya akan sedikit memberi beberapa cara agar kita masih dapat mengganti isi file dari PDF tersebut. Mari kita simak baik - baik.


Cara Mengubah Format File PDF ke Microsoft Word


  • Dengan Menggunakan Adobe Acrobat

Yang pertama adalah dengan menggunakan Adobe Acrobat. Jika anda belum mempunyai aplikasinya, anda dapat mendownload di Google. Mari simak caranya dibawah ini :

1. Pertama, pastikan anda sudah mendownload dan menginstal Adobe Acrobat dengan benar, dan juga pastikan file PDF anda tidak corrupt dan dapat dibuka.
2. Kemudian, buka aplikasi Adobe Acrobat dan open file PDF yang ingin anda ubah ke format dokumen Microsoft Word.
3. Arahkan cursor anda ke menu File > Export To > Microsoft Word > Word Document seperti pada gambar dibawah ini.


4. Terakhir anda tinggal pilih dimana anda akan menyimpan file hasil konversi ke Word terebut, lalu pilih save.



  • Menggunakan Microsoft Word Itu Sendiri
Cara kedua ini memang sangat mudah, tidak seperti cara pertama. Karena kita hanya menggunakan Microsoft Word itu sendiri. Tetapi sebelum itu pastikan anda mempunyai Microsoft Word 2013, karena yang sudah mempunyai fitur Open PDF hanya yang tahun 2013 saja. Bagaimana caranya mari kita simak dibawah ini.

1. Pertama, buka pada menu file > open, atau anda dapat menggunakan shortcut CTRL+O.
2. Pada bagian atas tulisan open, terdapat beberapa pilihat format dokumen. Silahkan anda ganti menjadi All Word Document lalu klik open.



Itu saja 2 cara untuk mengubah file PDF menjadi Word yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat. Ikuti terus perkembangan blog ini.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama